Selasa, 12 Mei 2020

Ini 6 Tanda Media Sosial Sudah Berpengaruh Buruk bagi Hidupmu

CTQQ.Saat ini kita sedang hidup di era kecanggihan teknologi dan media sosial. Meski memiliki banyak nilai positif, namun tidak sedikit juga nilai negatifnya. Banyak orang menjadi begitu sangat terikat dengan dunia maya dan terlupa dengan dunia nyata.

Media sosial kini menjadi ajang setiap orang berlomba-lomba memamerkan hidupnya lewat postingan-postingan indah di medsos. Tanpa disadari, hal ini mulai berdampak buruk bagi kehidupan kita. Berikut ini enam tanda jika medsos sudah memberikan pengaruh buruk dalam hidupmu.

1.Mulai membandingkan hidup dengan orang lain


Saat orang lain memposting liburan, makanan dan kehidupan yang menyenangkan di sosial media. di sisi lain kamu sedang mengalami hal yang tak menyenangkan. Terkadang muncul pikiran-pikiran negatif tentang hidupmu yang tak begitu beruntung dan mulai membandingkan dengan orang lain.

Faktanya adalah orang-orang hanya memposting bagian glamor dalam kehidupannya dan menyembunyikan sisi tak menyenangkannya. Maka tidak adil dan tidak sehat jika kamu membandingkan hidupmu dengan orang lain berdasarkan postingan di media sosial.

2.Mulai kesulitan berinteraksi secara personal


Sering kali seseorang akan mulai terpisah dari hubungan emosional saat terlalu nyaman dengan kehidupan di media sosial. Misalnya mulai merasa kesepian meskipun dalam keramaian atau kesulitan menjalin komunikasi dan hubungan secara personal.

Jika hal ini mulai kamu rasakan, sudah saatnya untuk mulai bijak dalam bermain media sosial.

3.Hanya merasa diterima saat postinganmu disukai banyak orang


Memang terasa menyenangkan saat kamu memposting sesuatu yang dibanggakan dan membuat semua orang menyukainya. Baik itu selfie yang cantik, tweet yang cerdas, atau meme yang lucu. Perasaan itu sangat wajar.

Namun masalah dimulai saat kamu hanya merasa diterima orang lain berdasarkan jumlah like postinganmu, dan lebih buruk lagi, merasa tidak berharga saat tidak mendapatkan pujian ataupun reaksi seperti yang diharapkan.

Tanpa disadari perasaan tersebut akan mengecilkan dirimu sendiri jika tidak diatasi dengan tepat.

4.Merasa bersalah setelah memposting sesuatu


Sering sekali kita update status saat kejadian buruk terjadi secara berlebihan dalam satu hari. Namun pada akhirnya ada perasan bersalah setelahnya. Jika hal ini terjadi, ada sesuatu yang salah sedang terjadi.

Kamu menjadikan media sosial pelampiasan emosimu saat yang dibutuhkan sebenarnya adalah berbicara dan tatap muka dengan teman terdekat. Alih-alih memposting bagian mengerikan dari hari-harimu untuk dilihat dunia, bagikan sesuatu yang membuatmu tersenyum atau kutipan positif.

5.Merasa senang saat orang lain menderita


Ini mungkin tidak terdengar seperti kamu, tetapi jika terjadi, harus segera diatasi. Jika kamu scrolling feed instagram dan melihat bahwa teman atau kenalan mu sedang mengalami masa sulit dan ini membuat mu merasa lebih baikan tentang kehidupanmu sendiri, itu adalah masalah.

Ada baiknya kamu tidak bermain media sosial dulu karena nyatanya itu telah membuat emosi dan mentalmu tidak sehat. Berpikir bahwa hidupmu tidak lebih buruk dari orang lain dengan menari di atas penderitaan orang lain adalah buruk.

6.Merasa harus dokumentasikan setiap aktivitasmu di media sosial


Saat ini kita memang hidup di era teknologi canggih dan media sosial, namun bukan berarti setiap aspek dalam hidupmu harus diposting di media sosial. Kita hidup di dunia nyata, maka nikmatilah hal-hal yang sedang kamu jalani, entah itu makanan, jalan-jalanan ataupun sedang bersama orang terdekat.

Adanya perasaan harus dokumentasikan setiap aktivitasmu di media sosial menjadi tanda dari kecanduan.

Itulah enam tanda jika media sosial mulai memberikan dampak buruk untuk hidupmu.
Kamukah salah satunya?


Lokasi:indonesia Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar